Satu Hati Satu Semangat Tarakanita

Posted by : Unknown Kamis, 17 September 2015


“Pelan-pelan nariknya...”, “angkat bareng-bareng”, demikian ucap beberapa peserta kegiatan hiking saat berusaha menyelesaikan tugas yang diberikan oleh kakak pembina di pos halang rintang. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu (15/8) diselenggarakan di sekolah dan lingkungan sekitar SMP Tarakanita Citra Raya.

Diawali dengan upacara pembukaan, seluruh peserta didik kelas 7 SMP Tarakanita Citra Raya, yang terdiri dari 6 regu putera dan 6 regu puteri, melaksanakan kegiatan hiking dengan penuh semangat. Setiap regu harus menyelesaikan tugas di 5 pos yang telah ditentukan dengan berjalan bersama, dari sekolah menuju lingkungan sekitar SMP Tarakanita Citra Raya, hingga kembali lagi ke sekolah. Kelima pos tersebut terdiri atas pos pemecahan sandi, baris-berbaris, pengenalan indera, pengenalan budaya bangsa, dan halang rintang.

Dalam pos halang rintang setiap regu ditantang untuk menyelesaikan satu tugas. 6 orang dari setiap regu bisa bermain, sedangkan anggota yang lain bisa membantu memberikan aba-aba. Dengan 6 tali yang diikatkan pada sebuah pipa, mereka harus membawa bola yang diletakkan di atas pipa, dari garis start menuju garis finish, tanpa jatuh. Mereka pun harus melewati 2 rintangan. Rintangan pertama yakni seutas tali yang membentang rendah, yang mengharuskan mereka untuk mengangkat pipa agak tinggi. Sedangkan rintangan kedua adalah seutas tali yang membentang setinggi pinggang, yang mewajibkan mereka berjalan merunduk. 

Hampir semua regu mengalami kesulitan saat berusaha mengangkat bola untuk yang pertama kali. Perlu keseimbangan yang sangat baik agar bola tidak jatuh. Mempertahankan bola dalam keadaan yang seimbang saat berjalan pun merupakan hal yang tidak mudah. Beberapa regu bahkan harus mengulang 1, 2, 3 bahkan lebih dari 5 kali sebelum akhirnya berhasil menyelesaikan tantangan ini. 
“Horee....” sorak sorai beberapa regu saat telah berhasil menyelesaikan tantangan di pos ini. Banyak hal tentunya yang mereka pelajari dari pos ini. Kerja sama, kesabaran, ketelitian, serta strategi yang baik mutlak diperlukan untuk menyelesaikan tantangan di pos halang rintang.
Setelah melakukan refleksi dan istirahat makan siang, seluruh peserta hiking mengikuti upacara penutupan. “Capek, tapi senang.” Demikian ungkapan beberapa peserta hiking kali ini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Find Me on

Diberdayakan oleh Blogger.

Category 2